Tata Cara Pembayaran MELALUI BANK BNI
 

Tata Cara Pembayaran Mahasiswa Melalui ATM | Cara Pembayaran Melalui ATM Versi Flash

1. Mahasiswa/i mendatangi ATM terdekat
2. Mahasiswa/i memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM BNI (pembayaran melalui ATM tidak dapat dilakukan melalui ATM bank lain)

2

3. Mahasiswa/i memilih bahasa yang ingin digunakan dalam proses pembayaran. Bahasa yang tersedia adalah bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

3
4. Mahasiswa/i memasukkan kode pin kartu ATM

4
5. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pilihan seperti Menu Penggantian PIN, Menu Transfer, Menu Pembayaran, Menu Registrasi E-Channel, Menu Penarikan Tunai, dan Menu Informasi Saldo. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran.

5
6. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pembayaran seperti Pembayaran Tiket, Pembayaran Qurban, Pembayaran Kartu Debit BNI, Pembayaran Air Minum, Pembayaran Telepon/HP, Pembayaran Kartu Kredit, Pembayaran Pinjaman, dan Pilihan Menu Berikutnya. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Berikutnya.

6
7. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pembayaran seperti Pembayaran Modul Penerimaan Negara, Pembayaran Internet, Pembayaran Universitas, Pembayaran TV Berlangganan, Pembayaran PLN, dan Pilihan Menu Utama. Untuk pembayaran universitas, pilih Universitas.

7
8. Mesin ATM akan menampilkan Jenis Pembayaran Universitas, yaitu Menu Pembayaran Student Payment Centre (SPC) dan Pembayaran UI. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran Student Payment Centre (SPC).

8
9. Mesin ATM akan menampilkan layar untuk memasukkan kode universitas dan nomor tagihan mahasiswa/i. Kode universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk Sekolah Pasca Sarjana adalah 9076. Berikut ini adalah contoh melakukan proses pembayaran universitas, yaitu :
Kode Universitas : 9076
No Pendaftaran : 1234567890
Tekan : 90761234567890


9
10. Mesin ATM akan menampilkan layar untuk memilih rekening yang akan digunakan mahasiswa/i untuk melakukan pembayaran. Pilihan menu yang tersedia adalah Giro, Tabungan, dan Kartu Kredit. Untuk melakukan pembayaran universitas, pilih Tabungan.

10
11. Mesin ATM akan menampilkan layar berisi pemberitahuan bahwa transaksi telah selesai dilakukan dan menawarkan pilihan apabila mahasiswa/i ingin melakukan transaksi yang lain. Pilih Ya apabila mahasiswa/i ingin melakukan transaksi lainnya melalui mesin ATM. Pilih Tidak apabila mahasiswa/i telah selesai melakukan transaksi.

11
12. Apabila mahasiswa/I telah selesai melakukan transaksi. Maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi pembayaran universitas yang terdiri dari informasi sebagai berikut : Nomor Record, Nomor Mahasiswa, Nama, Nomor Referensi, Nomor Registrasi, dan Jumlah Bayar.

12