Tahun Akademik 2016/2017

Diagram Alir Tahapan dan Syarat Pendaftaran

Tahap 1 dimulai pada Senin, 18 January 2016 00:00:00 WIB - Sabtu, 30 April 2016 15:00:00 WIB.

Sebelum anda melakukan pendaftaran online, baca secara keseluruhan tahapan dan syarat yang harus dipenuhi di bawah ini dengan cermat!

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:

  1. Pendaftar melalui sistem online pada laman http://pmbpasca.ipb.ac.id.
  2. Klik [Proses Pendaftaran > Membuat Akun] dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Membuat Akun], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi).
  5. Dengan menggunakan billkey lakukan pembayaran sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM. Lihat Tata Cara Pembayaran
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (via Teller) atau pada kolom No Registrasi struk ATM (via ATM)
  7. Klik [Proses Pendaftaran > Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Proses] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, pada halaman utama pendaftaran online akan muncul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, dapat melakukan login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Proses Pendaftaran > Formulir A]
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Foto kopi legalisir Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Foto kopi legalisir Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3))
    4. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi ( Formulir C).
      1. Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi.
      2. Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3).
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D).
    6. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman).
    7. TPA WAJIB bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 - 2,50 (untuk S2), dan antara 3,00 - 3,25 (untuk S3). Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas.
    8. TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) bersifat opsional (tidak wajib).
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui Website Sekolah Pascasarjana IPB http://pasca.ipb.ac.id, Email, dan melalui Surat Panggilan Verifikasi (sesuai jadwal). Perhatian: Pastikan alamat email adalah valid dan secara rutin digunakan. SPs-IPB tidak bertanggung jawab jika terjadi salah pengiriman atau terjadi waktu penundaan waktu penerimaan email Anda.
  10. Untuk program internasional MIT WAJIB menyerahkan TOEFL yang masih berlaku (2 tahun terakhir) dengan Skor >= 475 (untuk S2) dan Skor >= 500 (untuk S3).
  11. Untuk yang memilih program profesional wajib menyerahkan TPA dengan Skor >= 475 yang masih berlaku (2 tahun terakhir).
  12. Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenristekdikti dan Kemenkeu, silahkan mendaftar langsung di laman DIKTI pada alamat URL: http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn, dan http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa
  13. Hak Saudara menjadi mahasiswa baru, akan tergantung pada hasil verifikasi dokumen lamaran, maka jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap serta tidak sesuai dengan dokumen asli, maka Pendaftar dianggap gugur, dan semua biaya pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.