Tahapan Pendaftaran

Tahapan dan Syarat Pendaftaran Kelas Khusus

Sebelum anda melakukan pendaftaran online, baca secara keseluruhan tahapan dan syarat yang harus dipenuhi di bawah ini dengan cermat!

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:

  1. Mendaftar melalui sistem online pada laman http://pmbpasca.ipb.ac.id.
  2. Klik Membuat Akun Pendaftaran Kelas Khusus dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Membuat Akun], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi).
  5. Dengan menggunakan billkey lakukan pembayaran sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM. Lihat Tata Cara Pembayaran
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka) . PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (via Teller) atau pada kolom No Registrasi struk ATM (via ATM)
  7. Klik [ Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Simpan and Selanjutnya] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, pada halaman utama pendaftaran online akan muncul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, dapat melakukan login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Lengkapi Data > Formulir A]
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Foto kopi legalisir Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Foto kopi legalisir Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3))
    4. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi ( Formulir C).
      1. Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi.
      2. Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3).
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D).
    6. Formulir Keabsahan Dokumen (Formulir E).
    7. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman).
    8. TPA WAJIB untuk Setiap Pendaftar S2 nilai TPA >= 475, dan S3 dengan nilai TPA >= 500. Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas.
    9. Khusus untuk program Double Degree Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) dengan Master of Applied Innovation and Entrepreneurship (Adelaide University) dan Program Studi Agribisnis (AGB) dengan Master of Science (Georg-August, Gottingen University). harus menyertakan nilai TOEFL institutional minimum 550 atau IELTS minimum 6.5. Kandidat yang ingin mengajukan beasiswa LPDP juga harus mendaftarkan diri di laman LPDP.
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui Website Sekolah Pascasarjana IPB http://pasca.ipb.ac.id, surat hasil verifikasi dapat diunduh pada laman PMB ini dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing, dan melalui Surat Panggilan Verifikasi (sesuai jadwal). Perhatian: Pastikan mengingat dan mencatat user akses pendaftaran Anda.
  10. Untuk program profesional dan kelas khusus akan dibuka, apabila jumlah peserta yang lolos seleksi minimal 15 orang untuk program S2 dan 10 orang untuk program S3
  11. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
  12. Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A.
  13. Program Magister Sains di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV.